//
you're reading...
Internet, Kesehatan, Treat, Tutorial

Cara Install Aplikasi Android di SDcard Tanpa Root

advertising

waahh…sudah lumayan lama tidak update wordpress ini..hehe

maklum sedikit sibuk….:)

baiklah kita mulai tahun ini dengan semangat baru dan tentunya gadget baru….hoho anda semua pasti kenal dan familiar dong dengan blackberry, tahun 2011 mungkin bisa dibilang miliknya blackberry namun sesuai dg perkembangan jaman, gadget baru dengan sistem operasi baru telah lahir dan siap menggerus pasar blackberry yaitu ANDROID…..

cuma kadang android mempunyai kelemhan di penempatan aplikasi yg tidak bisa disimpan di SDCard…kecuali telah di root dan anda harus rela kehilangan garansi dari pabrik….hehe

nah sekarang sayamemakai gedget androidย  dan ternyata memang sangat membantu dan mudah dalam penegmbangan aplikasinya….untuk kalangan mahasiswa seperti saya android memang sangat cocok, memang dalam penyedia layanan datanya masih terhitung cukup mahal….hehehe

langsung saja ini saya bagi tips dan trik Cara Instal Aplikasi android di SDCard Tanpa Root yang artikelnya sebelumnya sudah saya cari di mbah google.

cekidooott… ๐Ÿ™‚

Seperti kita ketahui bahwa Android memiliki ribuan aplikasi bagus yang menghibur dan juga berguna dalam menunjang aktivitas keseharian kita, namun terdapat kendala untuk menikmati berbagai aplikasi tersebut, terutama bagi beberapa jenis perangkat android kelas menengah ke bawah, seperti Samsung Galaxy Y, LG Optimus Me serta handphone sejenis lain yang masih sekelas dengan ukuran memori internal yang sangat minim, dengan catatan untuk kelas ini rata-rata vendor hanya memberi jatah kapasitas memori internal 200 Mb kebawah, dimana jika kapasitas memori internal terus dipaksa untuk diisi hingga hampir penuh dapat berakibat pada lambatnya respon akses perintah pada perangkat.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat berbagai cara untuk mengakali agar setiap aplikasi yang terinstal disimpan di memori eksternal (SDcard), salah satunya dengan menggunakan bantuan aplikasi yang dapat membuat aplikasi terinstal di SDcard seperti App2sd, namun aplikasi ini membutuhkan Root terlebih dahulu agar dapat digunakan, selain itu juga harus melakukan langkah-langkah merepotkan lain seperti backup terlebih dahulu dan resiko kehilangan garansi, untuk itu cara ini bagi sebagian orang yang masih awam maupun pengguna baru android dianggap cukup merepotkan.

Hingga kemudian saya berupaya mencari cara menginstal aplikasi ke SDcard tanpa harus melalui prosedur Root, salah satunya dengan menggunakan program SDK Android yang dapat di download secara gratis di situs Android Developer, dengan melakukan beberapa perintah dalam mode debug. Namun perlu dicatat bahwa dalam metode SDK ini tidak serta merta dapat memuat semua aplikasi tanpa batas, namun cara ini hanya mengkompresi jumlah data yang diinstal di memori internal. Pada dasarnya ada beberapa aplikasi yang pada pengaturan aplikasi dapat dipindahkan ke SDcard namun ada pula aplikasi yang tidak dapat dipindahkan, karena terhalang oleh tombol “move to sd card” yang tidak respon seperti dibawah ini.

Sehingga untuk mengubah default “move to sd card” kita menggunakan program SDK Android, berikut tutorial singkat untuk mengubahnya :
Persiapan :
1. Pastikan Driver Perangkat Android anda sudah terinstal di PC, misalnya Samsung Kies pada android Samsung, hal ini untuk memudahkan PC mengenali perangkat anda di sistem.
2. Sediakan Kabel Data untuk menghubungkan perangkat android ke PC, yang tentunya harus di set dulu ke Debug USB.
3. Instal terlebih dahulu program SDK Android dari situs Android Developer, sesuaikan dengan OS PC anda, pihak Android.Inc menyediakannya secara gratis Disini.

Langkah-Langkah :

1. Ekstrak file yang sudah di download, kemudian jalankan sdkmanager.exe (ada pada folder android-sdk-windows yang sebelumnya di ekstrak) > kemudian pilih komponen yang akan diinstall, terdapat banyak komponen namun cukup install 4 komponen utama dengan nama Android SDK Tools, Android SDK Platform Tools, SDK Platform Android 2.2 (sesuaikan dengan versi android anda) serta sample for SDK API 8, sehingga ketika proses instalasi yang mengharuskan kita mendownload komponen tersebut selesai akan terlihat seperti di bawah ini.

2. Setelah SDK Manager selesai dipasang, kemudian buka Command Prompt pada Windows (untuk masuk ke Command Prompt, klik Start – All Programs – Accessories – Command Prompt), hal ini dilakukan untuk memasuki folder platform tools pada SDK Manager,
Kemudian ketik perintah berikut pada command prompt,
– Ketik D: (note : sesuaikan dengan partisi hardisk tempat anda menginstal SDK, saya sendiri menginstallnya langsung di Partisi D), hingga kemudian dibawahnya muncul D:\>
– Kemudian ketik lagi D:\>CD\android-sdk\platform-tools, hingga akhirnya muncul dibawahnya D:\>CD\android-sdk\platform-tools>

– Setelah itu masuk ke Cmd.exe pada Windows (klik C:\Windows\system32\cmd.exe) dan ketik perintah adb devices untuk memastikan bahwa perangkat android telah benar-benar terhubung, jika telah terhubung akan tampak seperti dibawah ini

– Kemudian masih pada program Cmd.exe, ketik perintah adb shell pm setInstallLocation 2 (perhatikan caps lock), yang merupakan langkah akhir yang akan mengganti default penyimpanan aplikasi terinstal ke memori eksternal (SDcard).

Setelah proses selesai maka aplikasi yang sebelumnya tidak dapat di pindah ke SDcard karena tombol tidak aktif tadi akan menjadi aktif, seperti di bawah ini.

Hasilnya ketika kita menginstall aplikasi maka sebagian besar data aplikasi akan otomatis dipindah ke SDcard, misalnya game NFS Shift ketika datanya berada di memori internal akan memakan kapasitas sebesar hampir 40mb, namun ketika dipindah ke SDcard hanya akan memakan kapasitas kurang dari 500kb, sehingga memori internal menjadi lebih lega, tanpa harus melakukan Root dengan resiko kehilangan garansi pabrik.
Selamat Mencoba.
sumber : disini

About aditindigo

sebuah kepalsuan ketika kita berbicara tentang keikhlasan padahal jauh dalam hati kita belum sedikitpun siap untuk menerima kata โ€œikhlasโ€..egois memang tapi itulah manusia,,, tidak ada yang sempurna didunia ini,,,, begitu juga dg saya,,hanya manusia kecil dari berjuta mahluk didunia nie,,, iโ€™m not special but iโ€™m limited editionโ€ฆ..^_^

Diskusi

164 thoughts on “Cara Install Aplikasi Android di SDcard Tanpa Root

  1. saya pengguna se experia x10 minipro eclair bisa tidak program tsb dijalankan pd hp saya
    terima kasih

    Posted by budi | 27 Februari 2012, 8:28 pm
  2. ka mau tanya dong..
    misalnya kita instal nfs dengan data 40 mega yang seperti kk kasih tau di atas..
    lalu saya uninstal nfsnya apakah data 40 mega itu akan terhapus?

    thanks..

    Posted by Ade Fruandta | 4 Maret 2012, 9:25 pm
    • untul game HD ada 2 file yg mesti ada…pertama file instal nya yg kedua file sourch nya..nah file yg 40mb itu adalah file sourch..dan peletakan file sourch adalah di sd card bukan di memori hp..yg tersimpan dimemori hp hanyalah file instaler.. klo udah dihapus, file yg 40mb tadi masih ada di sd card..klo mau dihapus y tinggal hpus aja kya kita hpus file2 yg lain..

      semoga membantu….:)

      Posted by aditindigo | 23 Mei 2012, 10:27 pm
  3. kalo gagal beresiko ga?

    Posted by topan | 11 Maret 2012, 9:55 am
  4. bagaimana dengan aplikasi bawaan? bisakah diinstall di sd card?

    Posted by Ali Arridha | 22 Maret 2012, 6:51 am
    • untuk aplikasi bawaan sejauh ini saya coba masih blom bisa…mungkin karena dy sudah satu paket..prinsipnya klo kita pindahin ke sd card tu aplikasi..nah pas kita pindah atau ganti sd card nya mau berisi apa tu hp….hehe

      Posted by aditindigo | 23 Mei 2012, 8:57 pm
  5. Wah… artikel yang sangat membantu, saya pengguna Android 2.3 (baru beli kemaren..hehehe).. merasa sangat terbantu dengan tutorial singkat Anda… ๐Ÿ™‚
    Sukses ya!!!

    Posted by RiyanFiter | 28 Maret 2012, 8:38 pm
  6. mkasih sarannya working 100%

    Posted by diditserva | 13 April 2012, 12:25 pm
  7. broo,, kalo mau liat aplikasi yg sudah kita pindah ke SD card,, gmn??,, kira2 lokasinya dimana??,, ane bingung waktu ane dah pindah trus ane format ulang android ane (factory reset),, pas mau ane kembalikan,, ane bingung tempatnya dimana,, hp ane Cross A1 Android Froyo 2.2,, thx sbelumnya,,

    Posted by nafree | 18 April 2012, 5:06 pm
    • Aplikasinya sudah tersimpan didalem MC Card…jadi kalo anda melakukan reset ulang hp..otomatis setingan yg dilakukan terhapus juga…pada dasarnya kn hanya mengubah kernel penyimpanan aplikasinya dipindah ke MC Card…ketika hp itu di reset, settingan itupun hilang.

      Trimakasih sudah mampir..:)
      Indahnya berbagi..^_^

      Posted by aditindigo | 23 Mei 2012, 11:14 am
  8. Bagaimana jika d hp sy tdk ada tombol move to sd? Sy pengguna se x8 dgn OS 2.1 eclair. Apakah sy bisa menggunakan cara ini? Apakah bisa digunakan d hp se? Trims

    Posted by David | 25 April 2012, 9:10 pm
    • Cara ini memang untuk mengaktifkan tombol move to SD Card..jadi aplikasi yg mau diinstal ataupun telah diinstal dapat disimpan di SD Card sehingga memori internal hp lebih lega. Ini bekerja untuk jenis hp apapun asalkan android.

      Trimakasih udah mampir..:)
      Indahnya berbagi..^_^

      Posted by aditindigo | 23 Mei 2012, 11:18 am
  9. gan..saya udah mengikuti langkah di atas..di hp juga tulisan Move to SD Card hidup, tapi pas di move koq tulisannya “Failed to move application : Not enough memory”..? makasih gan

    Posted by prima | 27 April 2012, 12:13 pm
    • Coba anda restart hp nya..kemudian coba lagi…klo masih tetap ga bisa, coba anda keluarkan memori card hp anda…kalaupun masih tetap tidak bisa berarti memori card anda ada masalah.. Pada dasarnya kalau move to SD Card sudah hidup berarti sudah bisa berjalan lancar.

      Terimakasih udah mampir.:)
      Indahnya berbagi..^_^

      Posted by aditindigo | 23 Mei 2012, 11:21 am
  10. 100% Work

    Posted by Deni Ade Saputra | 22 Mei 2012, 12:05 am
  11. Gan mau tanya ni,,ane baru beli tablet tabulet beat 2 pngn menggunakan tutorial diiatas.
    Kan beat 2 udah pakai ICS 4.3 yg jadi masalah adalah di aplikasi udah ada move to sd card tuh tp ketika ane pindah ternyata gak pindah ke sd card ane (sdhc 16gb sandisk) tapi pindah ke nand internal storage (jadi yg kebaca sd card itu internal nand storage)
    jadi 4GB memory itu di tablet di partisi jadi 2 sama tabuletnya.
    jadi ada 3 tu penyimpananya 1.internal storage 2.internal nand storage (yg kebaca sd card di folder manager) dan 3.eksternal sd card

    apakah pakai cara diatas bisa?agar pindahnya ntar ke yg no.3 bukan ke no.2

    Posted by hariwongmagelang | 24 Mei 2012, 1:53 am
    • Saya juga mengalami sama seperti yang anda alami mas. Sampai sekarang belum berhasil gimana caranya memindah aplikasi-aplikasi tersebut ke Sd-card yang sebenarnya, bukan ke internal storage yg kedua (yg dalam hal ini terbaca oleh androidnya sebagai sd-card).

      Tolong.. agan-agan yg bisa membantu butuh bantuannya donk… soalnya memori internal saya (1 gb) dan memory internal kedua saya (2gb) juga sudah penuh… gimana ini… please agan..agan…

      Posted by iwon | 12 Juni 2012, 6:40 pm
  12. Mas, saya coba di samsung galaxy tab 7 plus. Android 3.2
    sudah saya sesuaikan semua paket SDK nya dengan android 3.2 tapi kok masih gak ada menu move to sd card ya.?
    Thanks

    Posted by novanto | 25 Mei 2012, 1:41 pm
    • semua instalasinya sudah benar dan tidak ada yg tertinggal…?
      disitu ada proses pnyisipan SDK sesuai dengan OS Android anda,,,harusnya kalau anda susah sesuaikan semuanya dan dijalankan semuanya pasti bisa….mohon dicek kembali instalasinya,,,setelah itu proses di CMD komputer juga diperhatikan besar – kecilnya huruf.

      Posted by aditindigo | 25 Mei 2012, 3:33 pm
      • Sudah mas, saya sudah install Android SDK Tools, Android SDK Platform Tools, SDK Platform Android 3.2
        tapi sepertinya saya belum masukkan sample for SDK API 8.

        yang saya belum ngerti, maksudnya pnyisipan SDK sesuai dengan OS Android itu gimana ya.? apakah ada file yang harus saya copy kan ke android saya.?

        Penulisan huruf besar kecil sudah benar, karena hasil akhirnya tidak ada error dan berhasil seperti yang dicintohkan.

        thanks

        Posted by novanto | 27 Mei 2012, 2:39 am
  13. saya pake suvit alias samsung galaxy fit walaupun udh ganti mmc yg kapasitasnya gede 16GB ga ada gunanya ya bila tanpa root tapi aduh ribet euyyy bacanya apalagi saya gaptek adakah counter2 hp yg bs bantu rooting?

    Posted by zelfiana | 29 Mei 2012, 10:08 pm
    • kalo pake cara ini ga harus root…ini cuma merubah kernel penyimpanan saja….
      berbeda dg root yg resikonya kita kehilangan garansi dari samsung…
      belum pernah coba ke counter2 salnya y…saya biasanya ngoprek andro sendiri…hehe

      Posted by aditindigo | 31 Mei 2012, 2:34 pm
      • waduh mas nya ribetnya yah caranya apalagi saya gaptek masalah IT, seandainya saja ni mas tetangga saya udh tak datangin rmhnya buat ngoprek2 hp saya biar manteb hehee..

        Posted by zelfiana | 5 Juni 2012, 11:37 pm
  14. Udah saya coba sama persis seperti diatas mas, tapi masih gak muncul menu move to sd. malah sekarang kalo update aplikasi gak bisa, selalu muncul insufficient storage.

    Posted by novanto | 30 Mei 2012, 6:59 am
  15. maaf mas, sdk manager nya tidak bisa dijalankan..
    lalu bagaimana ini?

    Posted by Asta Kriwil | 30 Mei 2012, 6:30 pm
    • komputer anda sudah terinstal net wramework yg terbaru….?? klo blom coba anda uninstal SDK nya..kemudian instal net wramework yg terbaru,,setelah itu instal lagi SDK nya sesuai dengan spesifikasi hp anda…

      Posted by aditindigo | 31 Mei 2012, 2:39 pm
  16. wah bermanfaat sekali it’s work, walaupun awalnya aga ribet bacanya tapi pelan-pelan di praktekin akhirnya bisa… “samsung galaxy Young”

    Posted by Azwar | 4 Juni 2012, 10:31 am
  17. untuk samsung galaxy tab 2.7 bisa ya?

    Posted by bta | 4 Juni 2012, 12:39 pm
  18. nice info gan.. bermanfaat buat ngepress ram kecil pada android tanpa harus bingung-bingung ngeroot dulu..smoga ilmu yang udah agan sebarin bisa bermanfaat buat kita semua..

    Posted by dani | 15 Juni 2012, 4:38 pm
  19. xplay saya sudah 2.3.4, tp waktu jalanin sdknya cuma ada android 2.3.3 (api 10), apa ini artinya saya tak bisa pake cara ini ya, terima kasih

    Posted by andre | 18 Juni 2012, 8:06 pm
  20. artikel yang ane cari? tapi sebelumnya ane mau ajukan pertanyaan neh kug secara default ndak ada ya tombol move to sdcard di android ane terus begini sebenarnya seh memory internal android ane masih banyak sekitar 800mb lebih tapi waktu mau instal tidak bisa karena ruang penyimpanan tidak cukup kug bisa ya apa secara default install apk larinya ke memory system alias memory phones.? padahal masih banyak app dan game yang mau ane install ? ya moga2 aja neh program bisa bantu atasi problem ane

    Posted by hengki | 19 Juni 2012, 8:30 pm
  21. bisa pak,, lumayan,, memori jd lebih lega…..
    kira-kira kalau dikombinasi sama buat partisi ext2 di sd cardnya gmn ya???

    Posted by ajix | 23 Juni 2012, 4:44 am
  22. pilihan “sample for sdk API 8” kok gak ada bos,???
    ๐Ÿ™‚

    Posted by Bryan | 25 Juni 2012, 11:09 am
  23. Cara itu bisa gak dipakai untuk Galaxy Tab 2 yang sudah pakai Android Ice Cream, karena secara di Ice Cream ketikan masuk di Manage Aplikasi tidak ada tombol “Move To SD Card”.
    Sedangkan Contoh yang disampaikan sebenarnya sudah ada tombol “move to SD Card” tp tidak bisa diakses seblm di utak-atik.
    Mohon pencerahannya

    Posted by Wawan | 27 Juni 2012, 11:38 am
    • sebenernya untuk ICS itu sudah ada aplikasi untuk memindahkan direktori default nya penyimpanan program ke sd card..coba agan cari di goole store….tapi jika agan mau sedikit repot, cara ini bisa dan layak untuk agan coba….

      terimakasih sudah mampir…hehehe

      Posted by aditindigo | 28 Juni 2012, 7:29 pm
      • Mas mau tanya, setelah kita udah pindahin aplikasi ke sdcard, nah ketika mau run aplikasi tsb apakah bisa lgsg dr sdcard or harus pindahin dulu ke internal lagi???

        Posted by aang | 4 Juli 2012, 7:49 am
      • bisa langsung gan…..sama aja kaya kita jalanin aplikasi yg lain…bedanya cuma tempat penyinpanan aja…

        Posted by aditindigo | 11 Juli 2012, 6:30 pm
  24. Thank’s bro sebelumnya..
    sya kan pke sony experia x8, gmna tuuh kan ga ada move to SD cardnyaa??

    Posted by Donii. | 3 Juli 2012, 1:22 pm
  25. kok nga bisa sih T_T
    stak di Command prompt sama CMD nih,bantuin plis ๐Ÿ˜ฆ

    Posted by Herawaty Yolani (@eralalala) | 11 Juli 2012, 6:02 am
  26. error device not found nih ๐Ÿ˜ฆ

    Posted by Herawaty Yolani (@eralalala) | 11 Juli 2012, 6:07 am
  27. mao ngasih solusi dikit,td saya udh nemu cara nya di blog luar,dn berhasil,agan admin kayaknya kelupaan step nya mungkin,bisa di cek disini >> ,thx http://mobile.dzone.com/articles/8-simple-steps-fix

    Posted by Herawaty Yolani (@eralalala) | 11 Juli 2012, 8:28 am
  28. klo untuk Hp lokal semisal cross A7 bisa gan????

    Posted by Zhulkhan | 11 Juli 2012, 1:00 pm
  29. klo ng root gmn caranya? dan klo mau upgrade os gmn caranya?

    Posted by ray | 13 Juli 2012, 4:27 pm
    • klo untuk ngeroot sie sebenernya tidak ane saranin gan…soalnya bisa ngilangin garansi dan makan ram tinggi…tooh fungsinya ga jauh beda cuma buat agar aplikasi bisa masuk ke SD Card kan….mending pake cara ini….:)

      Posted by aditindigo | 2 Agustus 2012, 4:57 am
  30. kalo semisal kita sudah instal dan ada step yang gagal. ato kelupaan itu akan merubah HP saya tidak???

    Posted by rendra | 21 Juli 2012, 11:52 pm
  31. ga pake samsung kiesnya bisa ga gan ?

    Posted by Faris | 22 Juli 2012, 4:07 pm
  32. ga bisa di nomer 2 ๐Ÿ˜ฅ

    Posted by depru | 29 Juli 2012, 9:42 pm
  33. gan mau numpang nanya,,itu biar bisa kebaca ke dalam Command promptnya apa harus ngatur JDKnya dulu pengaturan javac,,,alnya saya sudah nyoba SDK menegernya udah didownload semua tapi di command prompt nya tidak kebaca

    Posted by rama | 30 Juli 2012, 9:05 am
  34. agan klo tuk android SE experia X8 pake SDK pladfroom android yg brp??? ane tunggu solusina gan,, makasih..

    Posted by hery simo | 3 Agustus 2012, 4:15 pm
  35. Thanks for tutorial…It’s very helpful

    Posted by Andre Rere | 4 Agustus 2012, 9:01 pm
  36. ass.
    please help mi ๐Ÿ˜ฅ
    sayap engguna SGY internal stroge.a penuh karena semua aplikasi kapaitasnya bertambah 2x lipat, fb aja dari 6,.. MB jadi 12,…MB tetus cara yang di atas bner” gak ngerti maklum gaptek ๐Ÿ˜ฅ
    mhon bantuan nya

    Posted by bilan | 8 Agustus 2012, 4:42 pm
    • wass..
      coba mas hapus chace di memorinya…. lewat pengaturan aplikasinya…

      coba mas ikutin tutorial diatas…ga ribet kok….asal ikutin semua pasti orng awam aja bisa…hehehe
      jangan menyerah ya…dan satu lagi kalaupun tutorial diatas ada yg ketinggal dan ga berhasil, itu ga akan ngrusak hp dan ngilangin garansi..dijamin.!

      Posted by aditindigo | 9 Agustus 2012, 12:50 pm
  37. D:\>CD\android-sdk\platform-tools, gan printah ini ane gagal trus..mohon bantuannya,,ane simpan di partisi D ane buat folder buat nyimpen install nama foldernya “Program” trus ane ketik D:\>Program\android-sdk\platform-tools yg nogol system cannot

    Posted by angga semesta | 11 Agustus 2012, 3:47 am
  38. bro kl buat android cina bisa ga … ???

    Posted by ebiy | 11 Agustus 2012, 7:50 pm
  39. mas klo boleh tolong kasi tau caranya lewat vidio biar praktek nya langsung bisa soal nya aku nyubi soal android, (maklum biasa pake hp jadul cxcxcx)

    Posted by kaka rpm 106 | 12 Agustus 2012, 4:15 pm
  40. bang klo pakenya xp sp 3 gmn tutornya..ane bingung nih

    Posted by Dhian Angga Marytama | 15 Agustus 2012, 6:26 am
  41. kak.. tolong diingetin dulu kalo di laptopnya harus ada JDK terlebih dahulu…

    Posted by sigit | 16 Agustus 2012, 6:54 am
  42. misalnya udah di move, terus SD Card nya di copot… berarti app’ nya ikut hilang atau gimana ya?

    #maklum gaptek

    Posted by thatha | 21 Agustus 2012, 1:45 pm
  43. punyaku android versi 2.3.4, berarti yg dipilih 2.3.3 ya? itu apa semua yg di dalem folder android 2.3.3 (API 10) dicentang semua? kayak admiral, atrix, bionic, motorola pro, photon, sony experia, dll? sdgkn punyaku samsung. kalo dicentang semua downloadnya lama bangeet nih. mohon pencerahannya, thx ^^

    Posted by vida | 25 Agustus 2012, 9:18 am
  44. cara balikin kernel ke semula gmn gan?

    Posted by ferry | 31 Agustus 2012, 9:28 pm
  45. Mas tolong bantu dong, saya pake smartfren andro hisense HS-E910. Tapi kenapa device saya tidak terdeteksi di cmd ya? Padahal hp nya sudah saya hubungkan di laptop dan sudah instal program hp nya di laptop drivernya langsung autorun (tidak ada cd drivernya). Programnya juga berjalan dengan baik. Di setingan development usb debug nya juga sudah di centang, tapi masih ga terdeteksi di cmd nya??

    Posted by angga | 3 September 2012, 10:14 am
  46. Mas sy pake motorola xt 530. trus pas download paket android di androidSDK manager nya yg packages 2.3.3 (OS sy Gngerbread2.3.5) Ada banyak isi packages nya. apa semua harus d download? ada isi packages yg harus punya akun motorola dev.. itu gimana ya.. Mohon bantuannya ๐Ÿ™‚

    Posted by yeah | 4 September 2012, 9:34 pm
  47. maksudnya
    E:\programfile\android-sdk\platform-tools ga ke baca..please help me
    tetap ga ke baca

    Posted by banten | 5 September 2012, 5:27 am
  48. mo tanya nih, aku coba no.2 ga bisa ya? tak check di adb devices keluarnya ‘adb is not recognized as an internal or external command, operable program and batch file’. udah coba masuk command prompt pake run as administrator ga bisa juga…dimana masalahnya ya?? mohon bantuannya :((

    Posted by anggra | 5 September 2012, 5:38 am
  49. itu katanya ketika kita menginstall aplikasi maka sebagian besar data aplikasi akan otomatis dipindah ke SDcard, .lha itu thu apakah waktu nginstall app hpnya harus pas conect ke kmputer ?thx sblmnya..

    Posted by agung | 6 September 2012, 2:14 pm
    • tidak perlu konek ke komputer. itu sudah otomatis terinstal di sd card..klo ga percaya coba anda instal facebook dan lihat di aplikasi settingnya akan terdapat tulisan “Move to phone memory” aktif yg artinya bahwa aplikasi facebook sudah terinstal di SD card.

      Posted by aditindigo | 2 November 2012, 7:24 pm
  50. gan mw nanya neh., ko saya msh blm aktiv ya move to SD card’y..
    setelah saya ketik adb shell pm setIntallLocation 2 hasilnya ttp aja ga ad tuh “move to SD card”y
    mohon pencerahan gan..
    trims

    Posted by Indra | 13 September 2012, 12:11 pm
    • semua instalasi diatas sudah dijalankan dengan benar..? ya memang tidak semua aplikasi bisa dipindah ke sd card. misal aplikasi bawaan hp itu tidak bisa dipindah ke sd card karena jika sd card dilepas atau diganti aplikasi yang sudah di move akan hilang.

      Posted by aditindigo | 2 November 2012, 7:22 pm
  51. gan ๐Ÿ˜€
    gimana kalo android versi 2.3.6 ?
    kita harus pilih andorid yang mana?
    soalnya di sini kagak ada…
    adanyan android 2.3.3 langsung loncat ke android 3…
    hahaha…

    Posted by aSaQa | 16 September 2012, 2:00 am
  52. mas g mn bisa gak di lg optimus l7 android ics …

    Posted by alifyai | 19 September 2012, 5:06 pm
  53. gan udah saya simpan di c tapi kok ttap cannot a???solusinya gan

    Posted by enggar | 21 September 2012, 10:11 pm
  54. maksudnya dari persiapan nomor satu itu bagaimana??
    “Driver Perangkat Android”

    hhehehe.. ๐Ÿ™‚

    Posted by Septianto R.P.P. (@Raaka_Septiant) | 26 September 2012, 5:05 pm
    • magsdunya driver prangkat android itu, misal anda punya hp android dari samsung nah samsung menyertakan program drivernya namanya samsung kies agar laptop atau komputer bisa membaca perangkat android anda.

      Posted by aditindigo | 2 November 2012, 7:18 pm
  55. kesulitan di command prompt gak bisa nemu link file ane.

    Posted by Kang Mirza | 30 September 2012, 11:05 pm
  56. om bisa tidak untuk android ICS

    Posted by adit | 2 Oktober 2012, 11:36 am
  57. galaxy young bisa gk kk ?

    Posted by raaflye | 14 Oktober 2012, 8:32 am
  58. Pak, kalo sama pake aplikasi app2SD bedanya apa?

    Posted by kamidi | 10 November 2012, 5:12 am
  59. Gan, ko di tempat ane ga bisa terus yak, LG L7 (ICS 4.0.3)
    error-nya:
    D:\HOME\ANDROID\platform-tools>adb shell pm setInstallLocation 2
    Error: unknown command ‘setInstallLocation’

    di cek error tadi dharuskan input command: set-install-location
    klo di coba dengan command di atas sukses tapi menu Move to SD Card tetap tidak aktif

    Mohon pencerahan Gan.

    Thx,
    Ale

    Posted by Angga | 11 November 2012, 4:42 pm
  60. kok ada tulisan Error : unknown ‘setInstallLocation’ terus apa saya tidak tau
    saat mengetik tulisan adb shell pm setInstallLocation 2
    Tolong pencerahanya gan

    Posted by blablabla | 28 November 2012, 4:40 pm
  61. Saya pake gal ace 2, semua step udah berhasil, dan sy cek pake “adb shell pm getInstallLocation” dan hasilnya 2 [eksternal], semua aplikasi jg udah bisa dipindah ke eksternal.
    Tapi kok kalo install aplikasi masih ke internal???
    Harusnya defaultnya udah ke eksternal, jadi rencana main ashpalt 7 masih gagal sementara… ๐Ÿ˜ฆ

    Posted by andika | 21 Desember 2012, 5:30 pm
  62. gan jadi kalo kita donload dari google play store nanti akan otomatis instal di sd card ?

    Posted by dayat | 7 Januari 2013, 7:03 pm
  63. mas kalo mau di reset gmn ya caranya?

    Posted by Sukmawanto | 14 Januari 2013, 12:44 am
  64. kalau ginggerbread 2.3.6 bisa gk gan.???

    Posted by rico | 17 Januari 2013, 7:10 am
  65. mas saya pake LG l3 dual, dalemnya ada memori sistem 150 Mb, internal memori 1 Gb, dan sd card. android v2.3 Gingerbread. aplikasinya kebanyakan terinstal di memori sistem, sedang di internal memorinya dikit, sudah saya coba pake app2sd ternyata hanya beberapa aplikasi yg bisa move..gimana caranya supaya appnya bisa langsung terinstal di internal memori? dan move kan yang bandel tadi?โ€ฆtolong pencerahannya

    Posted by Ris Risyana | 17 Januari 2013, 10:14 pm
  66. kok saya xperia mini pro gak bisa ya dengan android ICS 4.0 tulisannya gak bisa aktif?

    Posted by Antonius Saputra | 4 Februari 2013, 7:33 pm
  67. alhmdllh sy BERHASIL
    mksh ats tutorialnya

    Posted by andi | 28 Februari 2013, 3:16 am
  68. gan, ane user VANDROID T ICS 4.0.4.. ane dah coba semua step2 dari agan tpi gagal pas ada tulisan “error : devises offline”… ane dah crosscheck smuanya n dah ikutin dri awal smpe akhr bahkan smpe diulang-ulang tapi ttp hasilnya sama “error;devices offline”. mohon pencerahannya gan. thank’s.

    Posted by putra | 3 Maret 2013, 2:11 am
  69. saya coba kok gagal terus ya ketika command : adb shell pm setInstallLocation 2 selalu devices not found, itu kenapa ya ? mohon dibantu dan dijelaskan

    Posted by tari tari | 5 April 2013, 1:58 pm
    • pada saat bekerja di cmd komputer anda tidak lupa menggunakan perintah.CD kan…tujuannya untuk menunjukkan direktori ato change direktori ke shell Sdk dimana tool andrp disimpan. ato mungkin koneksi kabel nya bermasalah.

      Posted by aditindigo | 6 April 2013, 11:42 am
  70. mas,saya slalu ga berhasil d langkah k2..pdhl sy sdh menginstal d drive D, ttp saja d command prompt nya tidak terlihat..gmn caranya mas?

    Posted by sopyan | 7 April 2013, 11:41 am
  71. mantap gan, terima kasih banyak atas ilmunya ๐Ÿ™‚

    Posted by Jam Tangan | 26 Mei 2013, 7:57 am
  72. thanks gan, saya coba dulu ya ๐Ÿ™‚

    Posted by Unik gaul | 26 Mei 2013, 7:58 am
  73. kabel data nya di colok nya kapan gan ? sorry agak beda nanya nya dari yg lain . tapi yg itu yg gak saya liat dari tutor ini . hehehe

    Posted by izalkibo | 10 Juni 2013, 5:43 am
  74. untuk samsung galaxy fame bisa gak gan ?

    Posted by izalkibo | 10 Juni 2013, 1:29 pm
  75. gan, ni work gak buat samsung galaxy Y? Android saya Jelly Bean 4.1.2

    Posted by Riandi Nandaputra | 2 Agustus 2013, 1:51 pm
  76. gan kalo diatas ICS work gk ?

    Posted by fajarsaputra | 18 Agustus 2013, 7:19 pm
  77. gan download SDK nya gede bener

    Posted by fajarsaputra | 18 Agustus 2013, 11:04 pm
  78. waduh mas bro….ternyata ga bisa dikerjain diwarnet neh…the command prompt has been disabled by your administrator….

    Posted by ronny | 15 April 2014, 9:59 pm
  79. nanya dong gan, kenapa ya di andro saya tidak ada tulisan move to sd card, tapi hanya pindah ke memori internal, saya pakai lg l3,,

    Posted by afriyan | 9 Juli 2014, 10:51 am
  80. mksh gan,,
    cm sayangnya aplikasi BBM ga bisa di move ๐Ÿ˜ฆ

    Posted by abu azka | 11 Agustus 2014, 11:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Facebook

Adit Missisippi Indigo

Buat Lencana Anda
Mungkin Hanya Ini Cara Untuk Mengetahui Siapa Saya..^_^
Januari 2012
S S R K J S M
« Okt   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: